Daihatsu Terios Toyota Rush Club Indonesia

Berani Join, Berani Kopdar, Berani Touring

EXR Electronic Booster

Keuntungan memakai EXR Electronic Booster:
  1. Meningkatkan tenaga mesin 2-6% dan torsi kendaraan tanpa menambah pemakaian bahan bakar. (bisa dilihat dari dyno)
  2. Mengurangi pemborosan BBM 10-20%. Pengapian jadi lebih baik. Dijauhkan dr induksi koil (krn di pasang di fuel rail berpengaruh ke injector).
  3. Meningkatkan akselerasi dan respon pedal gas, kecepatan dan tenaga meksimum lebih mudah tercapai. (Pengaruh dr pengapian.)
  4. Emisi gas buang lebih rendah, mengurangi polusi udara. (hasil dari dyno, AFR menjadi lebih baik).
  5. Meningkatkan kinerja ECU, getaran mesin yang lebih stabil dan halus. (listrik yg stabil menjadikan sinyal yg di terima ECU menjadi lebih cepat kerjanya - sinyal bolak balik ke ECU terbaca lebih bagus).
    Komponen kendaraan yang berhubungan dengan sistem kelistrikan & Aki menjadi lebih awet.
  6. Bebas perawatan, garansi satu tahun.
Hasil Dyno Dynamic Test di PT. Khatulistiwa Suryanusa pada Avanza 1.3L VVTi:
 
EXR: Dynotest HP EXR: Dynotest Torque

(dikutip dari brosur EXR Electronic Booster)

Cara pemasangan di Terios/Rush:

Cukup simpel dan bisa dikerjakan sendiri, bahkan bagi yg belum berpengalaman sekalipun. Yg penting mau tangan kotor sama jelaga/debu mesin dan bisa pegang kunci sock ukuran 10 dan 12.

Kit lengkap:
  1. EXR Electronic Booster
  2. Kabel Ground ke dua titik (fuel rail)
  3. Sekring
  4. Mur pengikat dan cable tie
Langkah2 pemasangan/instalasi:
  1. Buka Box Filter Udara (lihat kotak bertuliskan VVTi di atas blok mesin) hingga kelihatan blok mesin dan coil. Pertama buka tutup air filter box dengan membuka klemnya (ada 6), lalu buka 3 buah baut pengikatnya (lihat gambar 1) dan cabut 3 buah sensor2nya dan selang2 yg terikat pada sensor2 tersebut (lihat gambar 2)
    [Image: gxW4tI0.jpg] [Image: gxW4wc9.jpg] [Image: Pq1Rc9wi.jpg]
  2. Pasang box EXR Electronic Booster di sebelah aki, di mobil gw di kabel bodi
    [Image: aV1wQco9.jpg]
  3. Buka baut fuel rail (lihat panah merah yg atas) dengan kunci 10 dan kaitkan kabel ground ke baut tersebut. Pasang dan kencangkan kembali baut fuel rail tsb
    [Image: Pq1Rd6nJ.jpg] [Image: gxW60ZA.jpg]
  4. Ulangi prosedur di atas di fuel rail yg kedua (lihat panah merah ssebelah kiri di gambar).
    [Image: aV1wT0ui.jpg]
  5. Pasangkan kabel hitam ke kepala aki negatif (lihat di posisi tangan di gambar berikut) dan kabel merah ke kepala aki positif (bertutup karet merah di gambar di bawah ini).
    [Image: gxW6dsi.jpg]
  6. Tutup kembali Box Filter Udara
  7. Selesai! Dan dapatkan wajah sumringah seperti ini:
    [Image: PqmDxy0.jpg]
Silakan distart mesin, panasi sejenak dan coba efeknya bakal langsung tterasa, secara alat ini bekerja pada RPM rendah sekalipun, yaitu berupa respons pedal gas yg cepat.

Untuk kendaraan matic spt Teri McQueen, efeknya terasa sekali pada:
  1. perpindahan gigi, yg biasanya ada lag agak panjang, kali ini lebih pendek secara RPM turunnya lebih sedikit dari normal.
  2. pada gerakan lambat spt parkir/mundur, mobil bergerak lebih responsif thd injakan kaki di pedal gas. Repotnya a/ garasi saya presisinya sangat tinggi (sempit bin ngepas, red.) akibatnya parkir sulit lurus secara takut nabrak tembok Lol
Efek terhadap FC belum gw coba, secara gw lagi jarang keluar rumah semenjak kenaikan BBM beberapa hari yl, tapi pada saat gw bawa pergi ke MetroTV pp (berangkat via Casablanca-Tanah Abang, Tomang, Tol dan pulang via Kemanggisan-Jatibaru-Kebon Sirih-Menteng Huis-Proklamasi-Manggarai-Tebet), dgn jarak kurang lebih 50 km, bensin turun 1 bar (6 liter) berarti sekitar 1:9. Relatif sih, secara akurasi fuel meter pan ga gitu tepat. Perlu nyoba u/ jalur luar kota nih, tapi baru minggu nanti gw mo arisan keluarga di Citra Raya, baru deh kerasa kali ya.

Menurut Oom 3RIX (Eric Lauw) yg memperkenalkan produk ini ke gw, intinya a/ kita bisa dapat performa mesin lebih responsif dengan FC yg sama atau lebih irit (tergantung driving style dan kondisi jalan/lalin).

Efek lainnya a/ lampu lebih terang krn arus listrik lebih stabil dan (mungkin) aki akan lebih awet (ga cepet tekor sebelum umurnya).

Palagi ditambah dgn JFC Air Filter dan Bioethanol, terbang kali Teri McQueen!

Tertarik mo coba? Sila pesan di sini 
Copyright TeRuCI 2008
scroll up